Sebelumnya perlu dipahami bahwa akun Simpatika di tingkat madrasah terdiri atas tiga jenis. Ketiganya adalah Akun PTK (baik guru, tenaga kependidikan, maupun Kepala madrasah), akun Admin Madrasah (Kepala Madrasah dan Operator Madrasah), dan akun Institusi.
Jadi seorang kepala Madrasah dan Operator Madrasah, dengan login yang sama, akan memiliki dua akun (peran) sekaligus yakni sebagai PTK dan sebagai Operator atau Admin.
Cara Menambahkan Admin atau Operator Baru di Simpatika
Untuk menambahkan seorang PTK menjadi Admin atau Operator Madrasah diperlukan Akun Institusi. Akun ini dimiliki oleh setiap madrasah dimana loginnya menggunakan username berupa 8 digit NPSN dan password tertentu. NPSN di sini adalah NPSN saat madrasah tersebut pertama kali terdaftar dalam layanan Simpatika (atau dahulu disebut Padamu). Sehingga bisa saja berbeda dengan NPSN saat ini.
Sedangkan passwordnya adalah serangkaian kombinasi huruf dan angka 6 digit yang diberikan dari Admin Kabupaten/Kota. Password login ini akun institusi ini bisa juga dirubah menjadi kombinasi yang diinginkan.
Langkah-langkah untuk melakukan pengangkatan Operator atau Admin Madrasah adalah sebagai berikut.
Pertama, Login dengan menggunakan Akun Institusi sebagai berikut:
- Buka laman Simpatika di alamat https://simpatika.kemenag.go.id/
- Klik tombol "Login" lalu pilih "Login Admin"
- Langkah 1-2 dapat diganti dengan mengetikkan alamat https://paspor.siap-online.com/cas/login
- Masukkan username (NPSN) dan password lalu klik tombol Masuk
- Jika terbuka halaman Dasbord Layanan, klik saja salah satu dari tombol "Akun Institusi" atau "Madrasah"
- Terbuka Dasboard Institusi
- Klik menu "Kelola Grup Akun"
- Klik tulisan "Daftar Anggota Grup Administrator"
- Terbuka Daftar Anggota Grup Admin.
- Untuk menambahkan admin baru, klik tanda Plus (+) di pojok kanan atas
- Muncul jendela "Tambah Anggota Admin Sekolah"
- Masukkan Email PTK yang akan diangkat sebagai admin di kolom yang tersedia. Email harus aktif terdaftar siapku.com.
- Selain menggunakan email dapat juga dimasukkan NUPTK atau Pegid ditambah @siap.id (Contoh: 5931234567800002@siap.id) milik PTK yang bersangkutan
- Klik tombol "Cek Email"
- Muncul jendela yang menampilkan nama dan data PTK yang bersangkutan
- Klik tombol "Simpan" di pojok kanan bawah
- Muncul jendela "Cetak Tanda Bukti", klik Cetak
- Muncul Form S01 yang berisikan kode aktivasi, cetak Form S01 tersebut.
- Buka laman Simpatika di alamat https://simpatika.kemenag.go.id/
- Klik tombol "Login" lalu pilih "Login Admin"
- Langkah 1-2 dapat diganti dengan mengetikkan alamat https://paspor.siap-online.com/cas/login
- Masukkan Username dan Password akun PTK yang bersangkutan lalu klik tombol Masuk
- Jika terbuka halaman Dasbord Layanan, klik saja salah satu dari layanan "Madrasah"
- Tampil laman konfirmasi
- Masukkan Kode Aktivasi sebagaimana tertera dalam S01
- Klik tombol Aktivasi
- Terbukalah Akun Madrasah tersebut. PTK berhasil ditambahkan sebagai admin.
Cara Menghapus Admin Madrasah
Untuk menghapus atau memberhentikan admin madrasah atau operator madrasah caranya adalah:
- Buka laman Simpatika di alamat https://simpatika.kemenag.go.id/
- Klik tombol "Login" lalu pilih "Login Admin"
- Langkah 1-2 dapat diganti dengan mengetikkan alamat https://paspor.siap-online.com/cas/login
- Masukkan username (NPSN) dan password lalu klik tombol Masuk
- Jika terbuka halaman Dasbord Layanan, klik saja salah satu dari tombol "Akun Institusi" atau "Madrasah"
- Terbuka Dasboard Institusi
- Klik menu "Kelola Grup Akun"
- Klik tulisan "Daftar Anggota Grup Administrator"
- Terbuka Daftar Anggota Grup Admin.
- Klik pada tanda Segitiga di ujung kanan nama admin yang akan diberhentikan
- Pilih "Blokir Akun Admin"
- Muncul konfirmasi, klik saja "Ya"
- Tanda Centang Hijau akan berubah menjadi Gembok
- PTK tersebut berhasil dihapus dari Admin atau Operator sehingga tidak dapat mengakses akun madrasah kembali.